Senin, 18 Juli 2016

MAKNA : KEHIDUPAN , PENGETAHUAN, KEHENDAK dan KEKUASAAN


foto kehidupan. Annaehira.com
Padepokan Al - Nawadir - * Kehidupan ; Eksistensi sesuatau bagi dirinya sendiri adalah kehidupan lengkapnya ,eksistensinya bagi yang lain adalah kehidupan relatif. Tuhan ada bagi diri - Nya . Dia adalah Yang Hidup (Al- Hayy ) , dan kehidupan- Nya merupakan kehidupan yang penuh dan abadi.Mahluk pada umumnya ada untuk Tuhan ; hidup mereka relatif dan berhubungan dengan kematian. Sementara kehidupan Ilahiah dalam mahluk adalah satu dan lengkap, kadang mewujud dalam bentuk lengkap ,misalnya Manusia Sempurna dan Malaikat. Yang lainnya secara tidak lengkap, misalnya manusia binatang ( Al- insan al- hayawan ), malaikat- malaikat kecil, jin , binatang, tumbuhan, dan mineral.
Namun dalam beberapa hal tertentu, kehidupan semua mahluk itu lengkap dalam ukuran yang pas dengan derajat dan kebutuhan mereka bagi pemeliharaan tatanan alam semesta.

Hidup adalah esensi tunggal, tidak dapat disusutkan atau dibagi, maujud  bagi dirinya dalam segala hal, dan bahwa yang membentuk sesuatu adalah kehidupan tersebut, katakanlah, kehidupan Tuhan yang didalamnya segala sesuatu hidup, mereka memuja semua nama- Nya ,dan pemujaan mereka kepada - Nya terhadap nama - Nya , "yang Hidup" identik dengan keberadaan mereka melalui kehidupan - Nya.
Syaikh Abdul Kariem Al- Jilli dalam kitab Al- insan Al- Kamil menyatakan tentang fakta yang hanya diketahui oleh orang - orang -tertentu dan diperolehnya melalui pencerahan sufistik, bahwa segala sesuatu ada dalam dan untuk diri- Nya sendiri, dan bahwa kehidupan nyabebas sepenuhnya dan ditentukan oleh dirinya sendiri.
Hal ini- yang, seperti dia  diakui tidak sesuai dengan yang telah dikatakan di atas - diteguhkan oleh informal Ilahiah bahwa pada Hari Kebangkitan setiap perilaku manusia akan tampak dan akan berkata kepadanya, " Aku adalah perilakumu".

*Pengetahuan........(bersambung )

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top