Senin, 18 Juli 2016

TUHAN ADALAH DARI SUBSTANSI ALAM SEMESTA



 

# Ketahuilah bahwa Kasih dan Kepemeliharaan ( Rububiyyah ) adalah aspek - aspek khusus dari Keilahian ( Ilahiyyah ).sedangkan Rububiyyah mewujudkan sifat - sifat kreatif ( al- sifat  al haqqiyyah ) secara eksklusif, sementara Ilahiyyah terdiri dari penciptaan dan keterciptaan ( khalq ). Kasih ( rahmah ) pertama dari Tuhan adalah penxiptaan alam semesta dari diri - Nya sendiri.
Perwujudan - Nya meliputi semua yang ada , dan kesempurnaan - Nya ditampilkan dalam tiap partikel atom dari keseluruhan, tetapi Dia tetap Maha Esa ( Wahid ) dalam Manusia yang mencerminkan diri - Nya dari Maha Tunggal ( Ahad ) menurut dasar alamiah - Nya, sebab Ia tidak tampak dan Dia  menciptakan dunia dari diri - Nya.
Keliru jika kita mengatakan bahwa Tuhan "meminjamkan" Sifat - Sifat Nya pada sesuatu, karena sesuatu itu adalah benar- benar Sifat - Nya yang Ia pinjamkan nama keterciptaan ( khalqiyyah ) agar misteri Ketuhanan dan antitesis yang inhern di dalamnya dapat tersingkap. Tuhan adalah substansi ( hayula ) dari alam semesta .

Alam semesta di ibaratkan seperti " es" dan Tuhan adalah " air " asal dari es / yang menciptakan nya ; nama es dipinjamkan pada masa yang padat , tetapi nama sesungguhnya adalah air. Al - jilli mengikuti analogi ini dalam empat syair yang dia kutip dari rangkaian yang dia susun sendiri dengan nama syair al- ghaibiyyah al- nawadiriyyah.

Dalam syair kedua , dia mengatakan bahwa meskipun Agama menyatakan bahwa es dan air itu berbeda,  kami para sufi mengetahui bahwa es dan air sama. Dia bertanya bahwa bagaimana doktrin tersebut --peresapan keberadaan oleh Esensi yang dapat dibaurkan dengan hulul (inkarnasi ).



 @ ( Al- insan al- kamil fi ma' rifatul awa'il wal awahir / Syeh Abdul Kariem Al- Jilli )

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top