Kamis, 08 Juni 2017

Kimiya as-Sa'adah


Hal : 2.


CIRI - CIRI MEGENAL DIRI
-------------
9-juni-2017

Padepokan Al-Nawadir. Pekalongan.
Ketahuilah bahwa kimiya lahiriyah tidak akan dijumpai dalam perbendaharaan orang-orang awam pada umumnya . Ia hanya didapat dalam lingkungan kerajaan. Demikian pula kimia kebahagiaan tidak akan dijumpai kecuali dalam perbendaharaan Allah SWT.

Dilangit terdapat substansi malaikat, dan di bumi terdapat jiwa para wali yang bijaksana. Dengan demikian, setiap orang yang berusaha mencapai kimia kebahagiaan ini tetapi tidak disandarkan pada hadratun nubuwwah ( kehadiran ajaran nabi), maka ia  berarti telah menempuh jalan yang keliru. Amal yang diperbuatnya  ibarat uang palsu, lalu ia mengira bahwa dirinya kaya, padahal kelak di akhirat ia menjadi orang yang bangkrut dan merugi, sebagaimana firman Allah :
" Maka Kami singkapkan darimu tutup matamu, maka penglihatan mu pada hari itu amat tajam" (Q.S Qaf: 22).

Diantara rahmat yang dianugerahkan oleh Allah kepada hamba-Nya adalah Dia telah mengutus seratus dua puluh empat ribu nabi untuk mengajari manusia tentang resep kimia kebahagiaan, mengajari mereka tentang cara menjadikan hati senantiasa ber- mujahadah dan cara membersihkan jiwa dari sifat-sifat tercela serta mengarahkan nya pada jalur kesucian, sebagai mana firman Allah SWT :

"Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang rasul diantara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka d mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah." ( Q.S. Al- Jumu'ah:

Yakni membersihkan jiwa mereka dari sifat-sifat tercela dan sifat-sifat kebinatangan, dan menjadikan sifat-sifat malaikat sebagai pakaian dan perhiasan mereka.
Tujuan dari kimia kebahagiaan ini adalah untuk menanggalkan sifat-sifat kekurangan dan myelimuti diri dengan sifat-sifat kesempurnaan. Sedangkan rahasia yang tersembunyi didalamnya bertujuan untuk mengembalikan manusia dari jalur keduniaan menuju Allah SWT sebagaimana firman-Nya :
"Dan beribadahlah kepada-Nya dengan penuh ketekunan."(Q.S Al- Muzzammil :8).

Kimia kebahagiaan ini mempunyai keutamaan yang sangat banyak.


----------------------bersambung.

0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top