Rabu, 14 Juni 2017

Menyelamatkan Nafsu dan Amarah

Hal : 9

Foto: ilustrasi Nafsu amarah.

16 - Juni -2017


Menyelamatkan Nafsu Amarah.
--------------------
Padepokan Al-Nawadir- Pekalongan -
Ketahuilah bahwa nafsu dan amarah yang dimiliki oleh binatang juga dimiliki oleh manusia, hanya saja yang terdapat dalam diri manusia memiliki nilai keistimewaan yang dapat mengantarkan dirinya pada kemuliaan dan kesempurnaan. Dengan sifat tersebut manusia dapat mengenal Allah dan rahasia keajaiban ciptaan-Nya. Dengan sifat itu pula manusia dapat membersihkan jiwanya dari kuasa nafsu dan amarah, hingga ia mampu mencapai sifat-sifat malaikat. Selain itu, dengan sifat itu pula manusia dapat berperilaku seperti bintang buas dan bintang lainnya hingga menjadi dirinya jatuh dalam jurang kehinaan, sebagaimana firman Allah SWT :

" Dan Dia telah menundukkan untukmu apa yang dilangit dan apa yang di bumi semuanya."(Q.S.al-Jatsiyah :13).

Rahasia keajaiban Hati
--------------------
Ketahuilah bahwa hati memiliki dua pintu untuk menerima pengetahuan; pertama pengetahuan yang diperoleh melalui mimpi, dan kedua pengetahuan sadar; yakni pintu lahir yang tembus keluar. Ketika seseorang sedang tidur, maka pintu indera terkunci dan yang terbuka adalah pintu batin, sehingga tersingkaplah baginya rahasia dunia malakut ( alam malaikat, seluruh isi kerajaan langit) dan lauh Mahfudz.  Ia nampak seperti sinar dan kadang untuk menyingkapnya dibutuhkan tabir mimpi.

Adapun sesuatu yang berada dalam anggota lahir, maka manusia mengira bahwa hal itu diperoleh melalui kesadaran. Menurut mereka , kesadaran itu sendiri lebih utama daripada mengetahui sesuatu di alam maya yang tidak dapat diperoleh melalui penglihatan sadar. Sedangkan sesuatu yang diperoleh melalui penglihatan antara tidur dan sadar itu lebih utama dibandingkan melalui jalur indera.


@Amat Ramdhon -( Kimiya as-Sa'adah/ Al-Ghazali ).... bersambung.




0 komentar :

Posting Komentar

Back To Top